Headlines News :

BLOG PRIVACY

MOHON MAAF JIKA PORTAL INI TIDAK BERISI KONTEN PORNOGRAFI KARENA DI DALAM BLOG INI HANYA BERISI PENGETAHUAN YANG MUNGKIN ANDA HARAPKAN
Home » » Sejarah Tahapan Perkembangan Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Sejarah Tahapan Perkembangan Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan


Sejarah Pengetahuan Masyarakat
a. Zaman Purba
      zaman ini di tandai dengana di temukannya alat-alat yang terbuat dari batu dan tulang. Manusia pada zaman ini telah mengetahui cara bercocok tanam dan beternak meskipun masih secara berpindah-pindah. Pengetahuan yang di perolehnya tersebut merupakan pengalaman dan kemampuannya mengamati alam sekitarnya. Zaman purba sampai dengan zaman Babilonia pengetahuan yang di punyainyamasih berupa mitos.
b. Zaman Yunani
      Pada zaman ini pengetahuan manusia lebih maju, di sertai dengan penemuan alat Bantu yang lebih baik serta milai menggunakan akal sehat maka, maka mitos dengan berbagai legendanyamulai di tinggalkan. Pola pikir yang lebih maju dari mitos adalah penggabungan dari pengamatan, pengalaman dan akal sehat, logika atau rasional, yang di kenal sebagai paham “Rasonalisme”.
Beberapa pakar yunani yang berpengaruh dan memberikan peerubahan pola pikir masa itu adalah :
·         Thales (624-548) yang menyatakan bahwa bintang mengeluarkan sinarnya sendiri sedangkan bulan hanya memantulkan cahaya Matahari.
·         Pythagoras (580-500) yang menyatakan bahwa bumi  bulat. Ia jaga penemu ahlo Pythagoras, bentuk geonetris benda serta pendapatnya tentang unsure dasr yang terdiri dari tanah, api, udara dan air.
·         Socrates (470-399), Di anggap sebagai tonggak ilmu pengetahuan yunani, penganut paham logika dan sebagai pemula penyelidikan kehidupan manusia.
Perbandingan Antara Perkembangan Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Secara Bahasa Perkembangan sangat berbeda dengan pengembangan.Perkembangan lebih kepada Proses untuk mencapai suatu Tujuan. Misalnya perkembangan suatu Negara untuk mencapai kesejahteraan. Sedanakan Pengembangan Lebih kepada perluasanh hasil yang btelah diperoleh dari perkembangan tadi. Misalnya pengembangan pendidikan di Negara Indonesia yang telah seringkali mendapatkan penghargaan Internasional Olimpiade Sains seperti Fisika, Matematika dan sebagainya. 
Ruang Lingkup Perkembangan Ilmu Pengetahuan
1.Klasifikasi ilmu pengetahuan
      Sampai mendekati abad pertengahan, perkembangan ilmu pengetahuan begitu luas dan dalam, sehingga seseorang yang mempunyai cara berpikir tajam dan kritis akan sangat mungkin dapat menguasai beberapa bidang ilmu sekaligus. Sebagai contoh Copernicus (1473-1543 M) dikenal sebagai ahli astronomi, matematika, dan pengobatan. Seorang pemikir yunani Pythagoras (500 M) di kenal sebagai  seorang astronom yang juga ahli matematika dan tranmutasi unsure (dasar dari kimia).
      Setelah abad pertengahan perkembangan ilmu relative pesat dan mendalam sehingga tidak memungkinkan lagi seseorang menguasai bebagai bidang ilmu dengan mendalam. Oleh karena itu perlu di lakukan klasifikasi ilmu pengetahuan.
      Ilmu pengetahuan membahas sasaran-sasarannya itu dengan meninjaunya dari berbagai sudut pandangan atau aspek tinjauan yang di sebut objek forma. Dengan aktifitas dan kreasi akalnya, manusia semakin maju dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.sekarang ini, aneka macam ilmu pengetahuan baru bermunculan seiring bertambah banyaknya kebutuhan manusia dalam hidupnya.
      Di samping itu ilmu sebagai produk akal manusia mempunyai cirri lain,yaitu sifat yang relative sehingga tidak ada istilah final dalam suatu produk ilmu Pengetahuan.
      Berdasarkan bebrapa argumentasi, ilmu pengetahuan atu sains dalam arrti luas diklasifikasikan atas :
a.    Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Science)
1.    Sosiologi adalah suatu study tentang tingkah laku sosial terutama tentang asal-usul organisasi, institusi dan perkembangan masyarakat manusia.
2.    Ekonomi adalah suatu ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan produksim, tukar menukar barang produksi, pengelolaan dalam ruang lingkup rumah tangga perusahaan atau Negaranya.
3.    Sejarah adalah suatu pencatatan peristiwa – peristiwa yang telah terjadi pada suatu bangsa,Negara atau Individu.
4.    Etnologi adalah suatu study antropologi dari aspek sosio ekonomi dan pewarisan kebudayaan dan faktor pertumbuhan perkembangan kebudayaan serta perubahannya dalam masyarakat primitive.
5.    Antropologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari asal usul dan perkembangan jasmani, sosial, kebudayaan serta tingkah laku manisia.
6.    Pendidikan adalah Suatu perlakuan atau proses latihan yanf terarah dan sistematis menuju ke suatu tujuan.
7.    Psikologi adalah Suatu ilmu penegtahuan yang mempelajari proses mental dan tingkah laku manusia.dll
b. Ilmu Pengetahuan Alam (Natural science)
1. Fisika (Physics)adalah Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda tidak hidup atau mati dari aspek wujud dengan perubahan-perubahan yang bersifat sementara. Fisika secara klasik di bagi dalam Mekanika, teknik, bunyi, cahaya, gelombang, listrik, magnet, dan teknik mekanik, sipil, teknik listrik yang 3 terakhir merupakan fisika sarapan.
2. Kimia (Chemistry) adalah Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda hidup dan tidak hidup dari aspek susunan materi dan perubahan-perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara garis besar di bagi menjadi Kimia Anorgaaik dan kimia organik. Kedua bagian itu pada dasarnya membahas dasar keseluruahan, Kemudian di ikuti dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Kimia fisika merupakan ilmu pengetahuan yang lebih luas di mana kimia dan fisika di gabungkan sedemikian rupa sehingga pdentitas masing-masing hilang. Batas buatan manusia antara kimia dan fisika menjadi kabur.
3. Biologi (biological Sciense) adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejalanya. Biologi di bagi atas cabang-cabang, yang antara lain adalah Botani, zoology, Morfologi, anatomi, Fifiologi, Sitologo, dll.
C. Ilmu pengetahuan Bumi dan Antartika ( Earth Science and Space )
  1. Geologi adalah suatu ilmu yang membahas struktur bumi. Dalam pembahasannya menggunakan dasar kimia dan fisika sehingga dalam mempelajari struktur, perubahan materi yang baik yang terdapat di permukaan tanah maupun yang terdapat dalam perut bumi.Bagian Geologi Yang pening adalah Petrologi yang membahas tentang batuan – batuan, Vulkanologi yang membahas tentang gempa bumi, mineralogi yang membahas tentang bahan mineral atau bahan galian yang dalam pembahasannya menggunakan prinsip kimia fisika. Suatu subcabang yang penting adalah Kristalografi yang membahas tentang bentuk kristal dam mineral.
  2. Astronomi adalah suatu ilmu pengetahuan yang membahas benda – benda ruang angkasa dalam alam semesta ini yang meliputi : bintang, matahari, planet, satelit, dan lainnya. Penerapan yang praktis astronomi adalah dalam navigasi, perhitungan waktu dan kelender.
  3. Geografi adalah suatu ilmu pengetahuan tentang muka bumi dan produk ekonomi sehubungan dengan makhluk hidup terutama manusia. Geogragfi sebagai cabang ilmu pengetahuan menngabungkan informasi yang diperoleh dalam semua cabang lain sehingga merupakan ilmu pengetahuan yang dapat dipakai manusia untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan adptasi dengan lingkungan.cabang Geografi yang penting adalah Fisiografi yang membahas sifat fisis bumi dan geografi biologi yang membahas kondisi hidup bagi tumbuhan, hewan dan manusia.
Matematika sebagai salah satu bidang ilmu tidak termasuk dalam kategori pembagian ilmu pengetahuan tersebut. Kedudukan matematika merupakan penunjang pengembangan semua disiplin ilmu. Matematika merupakan bahasa yang dapat menerapkan hukum – hukum alam. Sedangkan Statistika dimanfaatkan untuik pengumpulan, pengorganisasian serta peringkasan dan analisis data. Kesimpulan ditarik berdasarkan hasil analisis data yang diamati.
2. Pemfokusan dan pembentuksn Multidisiplin Ilmu
a. Pemfokusan Ilmu
Perkembangan Ilmu yang terus menerus dan begitu cepatnya, terutama mulai abad 20 menyebabkam klasifikasi ilmu berkembang kearah disiplin ilmu yang lebih spesifik ( Sub-disiplin ).
Selanjutnya sub-disiplin ilmu tersebut berkembang menjadi spesialisasi tertentu. Sebagai contohnya adalah dalam subdisiplin kimia organik maka terdapat antara lain fokus ke arah kimia organik sintesis dan kimia organik bahan alam. Kimia bahan alampun dapat terbagi lagi berdasarkan sumber dari bahan alam itu diambil atau juga berdasarkan kelompok senyawa kimianya.
Berdasarkan pengembangan fokus ilmu tersebut menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan berkembang dengan pesatnya, sehingga tidak memungkinkan lagi seorang dapat menguasai beberapa atau bahkan satu bidang ilmu tertentu dengan sempurna. Untuk dapat menguasai ilmunya dengan baik, maka pada akhirnya seorang ahli akan lebih memfokuskan dirinya ndalam salah satu fokus disiplin ilmu tertentu.
b. Multidisiplin dan Interdisiplin Ilmu
Multidiplin ilmu merupakan ilmu pengetahuan yang cakupan pembahasannya menggunakan lebih dari satu kelompok disiplin ilmu, misal kelompok IPA, IPS dan IPBA. Contoh ilmu multidisiplin yang paling populer adalah ilmu lungkungan. Pembahasan ilmu lingkungan dapat dilihat dari disiplin ilmu sosial, alam maupun bumi dan antariksa. Pendekatannya dapat dilihat dari berbagi disiplin ilmu seperti kima, Fisika, Biologi, Sosial, dan geografi.
Interdisiplin ilmu merupakan ilmu pengetahuan yang cakupan pembahasannya menggunakan satu kelompok disiplin ilmu saja. Sebagai contoh adalah ilmu komputer dikembangkan dari disiplin ilmu IPA paling tidak mencakup ilmu bahan untuk pembuatan processor, semi konduktor, elektronika ( kima,fisika ), pemograman ( matematika ) dan sebagainya.
Perkembangan interdisiplin ilmu cukup banyak dan berkembang dengan sangat pesat, sebagai contoh adalah bioteknologi, teknologi informasi dan ilmu material. Perkembangan tersebut sangat mempengaruhi pola pandang dan kehidupan sosial manusia saat ini. Oleh karenanya suatu ilmu yang dikembangkan berdasarkan interdisiplin ilmu tetapi karena dampak sosialnya juga perlu dipertimbangkan sehingga pembahsannya berubah menjadi multi disiplin ilmu.
PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN
Dalam abad 20 terakhir ini pengembangan ilmu pengetahuan mencatat loncatan – loncatan penting dan pesat sekali kemajuannya. Penemuan dan penciptaan terjadi silih berganti dan makin kerap sedangkan informasi ilmiah diproduksi denagn cepat, melipat dua setiap tahun, bahkan dalam disiplin – displin tertentu seperti genetika setiap dua tahun sehingga menimbulkan kesukaran dalam penyebaran, penyimpanan, penelusuran, dan penerapannya. Berkali – kali telah terjadadi revolusi dalam ilmu pengetahuan dengan akibat yang besar dan tidak terduga. Pada bidang kedokteran dicatat perubahan besar, dahulu oleh mazhab Hippokrates, yang melihat kedokteran secar holistis: individu diamati secara utuh dalam lingkungannya sebagai bagian dari alam. Tetapi akhir – akhir ini terjadi perubahan besar dengan gagasan manusia harus menguasai alam : materi dan jiwa harus dipisahkan. Alam tidah hanya diamati tetapi diselidiki. Mulailah abad analisis yang dialam ilmu pengetahuan kedokteran menumbulkan patologi sel dan reduksionisme yang melihat manusia sebagai senyawa kimia.
Tidak semua bidang atau cabang ilmu pengetahuan maju dan berkembang sama pesatnya pada setiap kurun dan tempat. Dalam masa belakangan ini, beberapa bidang tampak melaju dengan sangat menonjol dan oleh karena itu berpengaruh besar terhadap manusia dan kehidupannya. Bidang – bidang itu yang utama adalah :
1.  Ilmu – ilmu nuklir ( Nuclear sciences );
2.  Ilmu – ilmu Kimia ( Chemistry Sciences );
3.  Bioteknologi ( Biotechnology );
4.  Miokroelektronik ( Microelektronic );
5.  Ilmu – Ilmu antariksa ( Spaca Science ).
Kemajuan dalam tiap – tiap bidang ini mempunyai akibat yang jauh, baik lansung terhadap manusia, masyarakat, prinsip-prinsip yang di anutnya dan lingkungan hidupnya, maupun tidak lansung melalui bidang atau disiplin yang lain. Pembaharuan-pembaharuan yang di timbulkannyatidak hanya karena perkembangan kebutuhan manusia tetapi juga rutin di rencanakan oleh kelompok khusus yang bertugas untuk itu.
Fisika dan kimia nuklir telah sanggup menghasilkan buah yang tidak diduga sama sekali. Fisi dan fusi atom melepaskan tenaga yang luar biasa besarnya, yang terutama berkembang atau di kembangkan ke arah pembuatan secara besar-besaran senjata nuklir. Dengan demikian suatu senjata yang dasyat berada di tangan manusia yang berkuasa. Tidak ada senjata yang begitu berbahaya sebelumnya sehingga Einstein dan lain-lain telah memperingatkan manusia bahwa kita memerlukan cara berpikir yang substansial baru sama sekali kalau kita ingin selamat memasuki masa depan. Ahli-ahli fisika sekarang menganggapnya bukan senjata tetapi annihilator, karena ia membunuh atau menganiaya manusia sampai mati secara masal dan merusak ekosistem global dalam waktu yang sangat singkat.
Ilmu-ilmu kimia tekah berhasil membuat sejumlah besar persenyawaan baru yang sebelumnya tidak pernah terdapat dalam alam. Dari segi positif kita lihat mosalnya obat-obatan baru untuk diagonistik dan terapi beberapa berbagai penyakit. Pengimiaan lingkungan terjadi karena berbagai bahan sintetis di pakai dalam makanan dan minuman, pakaian, pemukiman, pertanian, pengangkutan, pada permukaan badan. Akan tetpai akibatnya akan selalu terbalik, yang menguntungkan menjadi merugikan. Racun untuk makhluk hidup dapat dingunakan untuk manusia ; gas racun dan obat psikotropi dipergunakan sebagai senjata dalam perang, kerusuhan dan dalam penjara.
Biologi memebawa teknologi reproduksi yang baru dan memanipulasi genetis pada makhluk hidup. Keduanya berakibat yang mendasar pula yaitu memanipulasi manusia oleh manusia, jika tidak di kendalikan oleh etika ilmiah.Dari sudut positif ia dapat meningkatkanjumlah dan mutu bahan makanan meliputi tanaman dan ternak, bahkan mencipta organismebaru selainvarietas baru. Pada manusia ia dapat mengatur jumlah keturunan, malahan sifat-sifat yang di kehendaki pada keturunan. Dari sudut negatif mengurangi keanekaan, memahalkan biaya produksi, serta menimbulkan varietas dan organisme baru yang perilakunya dalam ekosistem belum di ketahui benar.
Bioteknologi dapat di pergunakan untuk memproduksi senjata biologis, terutama kuman dan virus atau toksin. Oleh para ahli, senjata-senjata ini di anggap “Manusiawi” bersama sebjata kimia karena akibatnya bersifat temporer dan tidak global. Sebanarnya jaustru sebaliknya karena senjata tersebut mengorbangakan kalangan sipil yang tidak terlibat terutama yang lemah yaitu anak-anak, wanita, oarang tua, dan orang sakit.
Perkembangan senjata biologi, kimia dan nuklir mengakibatkan dunia menjadi tidak damai. Manusia saling menuduh, menakut-nakuti dan bahkan saling menyerang mengakibatkan hancurnya peradaban manusia di muka bumi. Perang irak dan Amerika beserta sekutunya baru berakhir di awal abad millenium ini tapi kedamaian belum tercapai. Inilah contoh terbaru dampak ilmu pengetahuan di abad millenium dan mudah-mudahan tidak terjadi di masa depan.
Mikroelektronik sangat membantu dalam informatiak dan komunikaso sejak dari produksi, pengolahan, penyimpanan dan penyebaran informasi sampai ke penerimanya. Mikroelektronik merupakan sambungan indera dan otsok, tadak hanya sambungan tangan dan otot. Ia dapat dapat mengganti tenaga manual dan di kembangkan menjadi sistem eksper. Ia dapat membantu pengembangan demokrasi dan induvidualisasi dalam masyarakat massa, memungkinkan pilihan yang sesuai dengan selera individu, misalnya dalam pilihan informasi. Di samping menginformasikan masyarakat, mikroelektronik membuat revolusi dalam dunia kerja dengan otomasi dan robotik.
Perkembangan ilmu antriksa mengalami kemajuan juga luar biasa pada abad 20 ini setelah di temukan komputer, satelit dan pesawat ulang alik. Pada abad 20 Rusia telah sukses membuat laboratorium ruang angkasa “MIR” pada saat ini abad millenium stasiun tersebut telah di jatuhkan dan di ganti stasiun ruang angkasa yang baru yaitu ISS (International Space Station)  milik beberapa Negara adio kuasa se[erti Rusia, Amerika serfikat dan Negara eropa.Statiun ruang angkasa ini dapat memonitor fenomena atmosfer planet bumi kita sehingga sangat menguntungkan bagi manusia untuk berbagai bidang terutama kesejahtraanya, bahkan stasiun ini di jadikan sarana obyek wisata ruang angkasa dan sudah ada 2 oarang milyuner yang berwisata. Di station ini (NASA) juga sudah sukses membuat pesawat ulang alik yang kecepatannya luar biasa yang di perkirakan mencapai 10.000 km per jam.
PENTINGNYA PENGAWASAN IPTEKS
Pengawasan IPTEKS dalam rangka mewujudkan perkembangan dan pengembangan ilmu pengetahuan yang diharapkan sangatlah penting. Karena tanpa pengawasan yang baik terhadap pelaksanaan IPTEKS akan membawa dampak yang kurang baik terhadap masyarakat.Sebagai contoh : Apabila teknologi seperti komputer tidak digunakan sebagaimana mestinya malah digunakan untuk hal yang negatif seperti kejahatan dalam duinia maya, akan membawa dampak positif bagi orang yang mengalaminya.
Share this article :

0 Komentar:

CARI

< Letakkan disini kode Shoutbox Anda>

Artikel Populer

 
Support : Creating Website | Ekhardhi Design | Ekhardhi Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. @ekhardhi - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Ekhardhi Design