Headlines News :

BLOG PRIVACY

MOHON MAAF JIKA PORTAL INI TIDAK BERISI KONTEN PORNOGRAFI KARENA DI DALAM BLOG INI HANYA BERISI PENGETAHUAN YANG MUNGKIN ANDA HARAPKAN
Home » » RUANG LINGKUP PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN

RUANG LINGKUP PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN

1.Klasifikasi ilmu pengetahuan
      Sampai mendekati abad pertengahan, perkembangan ilmu pengetahuan begitu luas dan dalam, sehingga seseorang yang mempunyai cara berpikir tajam dan kritis akan sangat mungkin dapat menguasai beberapa bidang ilmu sekaligus. Sebagai contoh Copernicus (1473-1543 M) dikenal sebagai ahli astronomi,
matematika, dan pengobatan. Seorang pemikir yunani Pythagoras (500 M) di kenal sebagai  seorang astronom yang juga ahli matematika dan tranmutasi unsure (dasar dari kimia).
      Setelah abad pertengahan perkembangan ilmu relative pesat dan mendalam sehingga tidak memungkinkan lagi seseorang menguasai bebagai bidang ilmu dengan mendalam. Oleh karena itu perlu di lakukan klasifikasi ilmu pengetahuan.
      Ilmu pengetahuan membahas sasaran-sasarannya itu dengan meninjaunya dari berbagai sudut pandangan atau aspek tinjauan yang di sebut objek forma. Dengan aktifitas dan kreasi akalnya, manusia semakin maju dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.sekarang ini, aneka macam ilmu pengetahuan baru bermunculan seiring bertambah banyaknya kebutuhan manusia dalam hidupnya.
      Di samping itu ilmu sebagai produk akal manusia mempunyai cirri lain,yaitu sifat yang relative sehingga tidak ada istilah final dalam suatu produk ilmu Pengetahuan.
      Berdasarkan bebrapa argumentasi, ilmu pengetahuan atu sains dalam arrti luas diklasifikasikan atas :
a.    Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Science)
1.    Sosiologi adalah suatu study tentang tingkah laku sosial terutama tentang asal-usul organisasi, institusi dan perkembangan masyarakat manusia.
2.    Ekonomi adalah suatu ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan produksim, tukar menukar barang produksi, pengelolaan dalam ruang lingkup rumah tangga perusahaan atau Negaranya.
3.    Sejarah adalah suatu pencatatan peristiwa – peristiwa yang telah terjadi pada suatu bangsa,Negara atau Individu.
4.    Etnologi adalah suatu study antropologi dari aspek sosio ekonomi dan pewarisan kebudayaan dan faktor pertumbuhan perkembangan kebudayaan serta perubahannya dalam masyarakat primitive.
5.    Antropologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari asal usul dan perkembangan jasmani, sosial, kebudayaan serta tingkah laku manisia.
6.    Pendidikan adalah Suatu perlakuan atau proses latihan yanf terarah dan sistematis menuju ke suatu tujuan.
7.    Psikologi adalah Suatu ilmu penegtahuan yang mempelajari proses mental dan tingkah laku manusia.dll
b. Ilmu Pengetahuan Alam (Natural science)
1. Fisika (Physics)adalah Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda tidak hidup atau mati dari aspek wujud dengan perubahan-perubahan yang bersifat sementara. Fisika secara klasik di bagi dalam Mekanika, teknik, bunyi, cahaya, gelombang, listrik, magnet, dan teknik mekanik, sipil, teknik listrik yang 3 terakhir merupakan fisika sarapan.
2. Kimia (Chemistry) adalah Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda hidup dan tidak hidup dari aspek susunan materi dan perubahan-perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara garis besar di bagi menjadi Kimia Anorgaaik dan kimia organik. Kedua bagian itu pada dasarnya membahas dasar keseluruahan, Kemudian di ikuti dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Kimia fisika merupakan ilmu pengetahuan yang lebih luas di mana kimia dan fisika di gabungkan sedemikian rupa sehingga pdentitas masing-masing hilang. Batas buatan manusia antara kimia dan fisika menjadi kabur.
3. Biologi (biological Sciense) adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejalanya. Biologi di bagi atas cabang-cabang, yang antara lain adalah Botani, zoology, Morfologi, anatomi, Fifiologi, Sitologo, dll.
C. Ilmu pengetahuan Bumi dan Antartika ( Earth Science and Space )
  1. Geologi adalah suatu ilmu yang membahas struktur bumi. Dalam pembahasannya menggunakan dasar kimia dan fisika sehingga dalam mempelajari struktur, perubahan materi yang baik yang terdapat di permukaan tanah maupun yang terdapat dalam perut bumi.Bagian Geologi Yang pening adalah Petrologi yang membahas tentang batuan – batuan, Vulkanologi yang membahas tentang gempa bumi, mineralogi yang membahas tentang bahan mineral atau bahan galian yang dalam pembahasannya menggunakan prinsip kimia fisika. Suatu subcabang yang penting adalah Kristalografi yang membahas tentang bentuk kristal dam mineral.
  2. Astronomi adalah suatu ilmu pengetahuan yang membahas benda – benda ruang angkasa dalam alam semesta ini yang meliputi : bintang, matahari, planet, satelit, dan lainnya. Penerapan yang praktis astronomi adalah dalam navigasi, perhitungan waktu dan kelender.
  3. Geografi adalah suatu ilmu pengetahuan tentang muka bumi dan produk ekonomi sehubungan dengan makhluk hidup terutama manusia. Geogragfi sebagai cabang ilmu pengetahuan menngabungkan informasi yang diperoleh dalam semua cabang lain sehingga merupakan ilmu pengetahuan yang dapat dipakai manusia untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan adptasi dengan lingkungan.cabang Geografi yang penting adalah Fisiografi yang membahas sifat fisis bumi dan geografi biologi yang membahas kondisi hidup bagi tumbuhan, hewan dan manusia.
Matematika sebagai salah satu bidang ilmu tidak termasuk dalam kategori pembagian ilmu pengetahuan tersebut. Kedudukan matematika merupakan penunjang pengembangan semua disiplin ilmu. Matematika merupakan bahasa yang dapat menerapkan hukum – hukum alam. Sedangkan Statistika dimanfaatkan untuik pengumpulan, pengorganisasian serta peringkasan dan analisis data. Kesimpulan ditarik berdasarkan hasil analisis data yang diamati.
2. Pemfokusan dan pembentuksn Multidisiplin Ilmu
a. Pemfokusan Ilmu
Perkembangan Ilmu yang terus menerus dan begitu cepatnya, terutama mulai abad 20 menyebabkam klasifikasi ilmu berkembang kearah disiplin ilmu yang lebih spesifik ( Sub-disiplin ).
Selanjutnya sub-disiplin ilmu tersebut berkembang menjadi spesialisasi tertentu. Sebagai contohnya adalah dalam subdisiplin kimia organik maka terdapat antara lain fokus ke arah kimia organik sintesis dan kimia organik bahan alam. Kimia bahan alampun dapat terbagi lagi berdasarkan sumber dari bahan alam itu diambil atau juga berdasarkan kelompok senyawa kimianya.
Berdasarkan pengembangan fokus ilmu tersebut menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan berkembang dengan pesatnya, sehingga tidak memungkinkan lagi seorang dapat menguasai beberapa atau bahkan satu bidang ilmu tertentu dengan sempurna. Untuk dapat menguasai ilmunya dengan baik, maka pada akhirnya seorang ahli akan lebih memfokuskan dirinya ndalam salah satu fokus disiplin ilmu tertentu.
b. Multidisiplin dan Interdisiplin Ilmu
Multidiplin ilmu merupakan ilmu pengetahuan yang cakupan pembahasannya menggunakan lebih dari satu kelompok disiplin ilmu, misal kelompok IPA, IPS dan IPBA. Contoh ilmu multidisiplin yang paling populer adalah ilmu lungkungan. Pembahasan ilmu lingkungan dapat dilihat dari disiplin ilmu sosial, alam maupun bumi dan antariksa. Pendekatannya dapat dilihat dari berbagi disiplin ilmu seperti kima, Fisika, Biologi, Sosial, dan geografi.
Interdisiplin ilmu merupakan ilmu pengetahuan yang cakupan pembahasannya menggunakan satu kelompok disiplin ilmu saja. Sebagai contoh adalah ilmu komputer dikembangkan dari disiplin ilmu IPA paling tidak mencakup ilmu bahan untuk pembuatan processor, semi konduktor, elektronika ( kima,fisika ), pemograman ( matematika ) dan sebagainya.
Perkembangan interdisiplin ilmu cukup banyak dan berkembang dengan sangat pesat, sebagai contoh adalah bioteknologi, teknologi informasi dan ilmu material. Perkembangan tersebut sangat mempengaruhi pola pandang dan kehidupan sosial manusia saat ini. Oleh karenanya suatu ilmu yang dikembangkan berdasarkan interdisiplin ilmu tetapi karena dampak sosialnya juga perlu dipertimbangkan sehingga pembahsannya berubah menjadi multi disiplin ilmu.
Share this article :

0 Komentar:

CARI

< Letakkan disini kode Shoutbox Anda>

Artikel Populer

 
Support : Creating Website | Ekhardhi Design | Ekhardhi Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. @ekhardhi - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Ekhardhi Design