Headlines News :

BLOG PRIVACY

MOHON MAAF JIKA PORTAL INI TIDAK BERISI KONTEN PORNOGRAFI KARENA DI DALAM BLOG INI HANYA BERISI PENGETAHUAN YANG MUNGKIN ANDA HARAPKAN
Home » » PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN

PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN


Dalam abad 20 terakhir ini pengembangan ilmu pengetahuan mencatat loncatan – loncatan penting dan pesat sekali kemajuannya. Penemuan dan penciptaan terjadi silih berganti dan makin kerap sedangkan informasi ilmiah diproduksi denagn cepat, melipat dua setiap tahun, bahkan dalam disiplin – displin tertentu seperti genetika setiap dua tahun sehingga menimbulkan kesukaran
dalam penyebaran, penyimpanan, penelusuran, dan penerapannya. Berkali – kali telah terjadadi revolusi dalam ilmu pengetahuan dengan akibat yang besar dan tidak terduga. Pada bidang kedokteran dicatat perubahan besar, dahulu oleh mazhab Hippokrates, yang melihat kedokteran secar holistis: individu diamati secara utuh dalam lingkungannya sebagai bagian dari alam. Tetapi akhir – akhir ini terjadi perubahan besar dengan gagasan manusia harus menguasai alam : materi dan jiwa harus dipisahkan. Alam tidah hanya diamati tetapi diselidiki. Mulailah abad analisis yang dialam ilmu pengetahuan kedokteran menumbulkan patologi sel dan reduksionisme yang melihat manusia sebagai senyawa kimia.
Tidak semua bidang atau cabang ilmu pengetahuan maju dan berkembang sama pesatnya pada setiap kurun dan tempat. Dalam masa belakangan ini, beberapa bidang tampak melaju dengan sangat menonjol dan oleh karena itu berpengaruh besar terhadap manusia dan kehidupannya. Bidang – bidang itu yang utama adalah :
1.  Ilmu – ilmu nuklir ( Nuclear sciences );
2.  Ilmu – ilmu Kimia ( Chemistry Sciences );
3.  Bioteknologi ( Biotechnology );
4.  Miokroelektronik ( Microelektronic );
5.  Ilmu – Ilmu antariksa ( Spaca Science ).
Kemajuan dalam tiap – tiap bidang ini mempunyai akibat yang jauh, baik lansung terhadap manusia, masyarakat, prinsip-prinsip yang di anutnya dan lingkungan hidupnya, maupun tidak lansung melalui bidang atau disiplin yang lain. Pembaharuan-pembaharuan yang di timbulkannyatidak hanya karena perkembangan kebutuhan manusia tetapi juga rutin di rencanakan oleh kelompok khusus yang bertugas untuk itu.
Fisika dan kimia nuklir telah sanggup menghasilkan buah yang tidak diduga sama sekali. Fisi dan fusi atom melepaskan tenaga yang luar biasa besarnya, yang terutama berkembang atau di kembangkan ke arah pembuatan secara besar-besaran senjata nuklir. Dengan demikian suatu senjata yang dasyat berada di tangan manusia yang berkuasa. Tidak ada senjata yang begitu berbahaya sebelumnya sehingga Einstein dan lain-lain telah memperingatkan manusia bahwa kita memerlukan cara berpikir yang substansial baru sama sekali kalau kita ingin selamat memasuki masa depan. Ahli-ahli fisika sekarang menganggapnya bukan senjata tetapi annihilator, karena ia membunuh atau menganiaya manusia sampai mati secara masal dan merusak ekosistem global dalam waktu yang sangat singkat.
Ilmu-ilmu kimia tekah berhasil membuat sejumlah besar persenyawaan baru yang sebelumnya tidak pernah terdapat dalam alam. Dari segi positif kita lihat mosalnya obat-obatan baru untuk diagonistik dan terapi beberapa berbagai penyakit. Pengimiaan lingkungan terjadi karena berbagai bahan sintetis di pakai dalam makanan dan minuman, pakaian, pemukiman, pertanian, pengangkutan, pada permukaan badan. Akan tetpai akibatnya akan selalu terbalik, yang menguntungkan menjadi merugikan. Racun untuk makhluk hidup dapat dingunakan untuk manusia ; gas racun dan obat psikotropi dipergunakan sebagai senjata dalam perang, kerusuhan dan dalam penjara.
Biologi memebawa teknologi reproduksi yang baru dan memanipulasi genetis pada makhluk hidup. Keduanya berakibat yang mendasar pula yaitu memanipulasi manusia oleh manusia, jika tidak di kendalikan oleh etika ilmiah.Dari sudut positif ia dapat meningkatkanjumlah dan mutu bahan makanan meliputi tanaman dan ternak, bahkan mencipta organismebaru selainvarietas baru. Pada manusia ia dapat mengatur jumlah keturunan, malahan sifat-sifat yang di kehendaki pada keturunan. Dari sudut negatif mengurangi keanekaan, memahalkan biaya produksi, serta menimbulkan varietas dan organisme baru yang perilakunya dalam ekosistem belum di ketahui benar.
Bioteknologi dapat di pergunakan untuk memproduksi senjata biologis, terutama kuman dan virus atau toksin. Oleh para ahli, senjata-senjata ini di anggap “Manusiawi” bersama sebjata kimia karena akibatnya bersifat temporer dan tidak global. Sebanarnya jaustru sebaliknya karena senjata tersebut mengorbangakan kalangan sipil yang tidak terlibat terutama yang lemah yaitu anak-anak, wanita, oarang tua, dan orang sakit.
Perkembangan senjata biologi, kimia dan nuklir mengakibatkan dunia menjadi tidak damai. Manusia saling menuduh, menakut-nakuti dan bahkan saling menyerang mengakibatkan hancurnya peradaban manusia di muka bumi. Perang irak dan Amerika beserta sekutunya baru berakhir di awal abad millenium ini tapi kedamaian belum tercapai. Inilah contoh terbaru dampak ilmu pengetahuan di abad millenium dan mudah-mudahan tidak terjadi di masa depan.
Mikroelektronik sangat membantu dalam informatiak dan komunikaso sejak dari produksi, pengolahan, penyimpanan dan penyebaran informasi sampai ke penerimanya. Mikroelektronik merupakan sambungan indera dan otsok, tadak hanya sambungan tangan dan otot. Ia dapat dapat mengganti tenaga manual dan di kembangkan menjadi sistem eksper. Ia dapat membantu pengembangan demokrasi dan induvidualisasi dalam masyarakat massa, memungkinkan pilihan yang sesuai dengan selera individu, misalnya dalam pilihan informasi. Di samping menginformasikan masyarakat, mikroelektronik membuat revolusi dalam dunia kerja dengan otomasi dan robotik.
Perkembangan ilmu antriksa mengalami kemajuan juga luar biasa pada abad 20 ini setelah di temukan komputer, satelit dan pesawat ulang alik. Pada abad 20 Rusia telah sukses membuat laboratorium ruang angkasa “MIR” pada saat ini abad millenium stasiun tersebut telah di jatuhkan dan di ganti stasiun ruang angkasa yang baru yaitu ISS (International Space Station)  milik beberapa Negara adio kuasa se[erti Rusia, Amerika serfikat dan Negara eropa.Statiun ruang angkasa ini dapat memonitor fenomena atmosfer planet bumi kita sehingga sangat menguntungkan bagi manusia untuk berbagai bidang terutama kesejahtraanya, bahkan stasiun ini di jadikan sarana obyek wisata ruang angkasa dan sudah ada 2 oarang milyuner yang berwisata. Di station ini (NASA) juga sudah sukses membuat pesawat ulang alik yang kecepatannya luar biasa yang di perkirakan mencapai 10.000 km per jam.
PENTINGNYA PENGAWASAN IPTEKS
Pengawasan IPTEKS dalam rangka mewujudkan perkembangan dan pengembangan ilmu pengetahuan yang diharapkan sangatlah penting. Karena tanpa pengawasan yang baik terhadap pelaksanaan IPTEKS akan membawa dampak yang kurang baik terhadap masyarakat.Sebagai contoh : Apabila teknologi seperti komputer tidak digunakan sebagaimana mestinya malah digunakan untuk hal yang negatif seperti kejahatan dalam duinia maya, akan membawa dampak positif bagi orang yang mengalaminya.
Share this article :

0 Komentar:

CARI

< Letakkan disini kode Shoutbox Anda>

Artikel Populer

 
Support : Creating Website | Ekhardhi Design | Ekhardhi Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. @ekhardhi - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Ekhardhi Design